INFOCUS FC

INFOCUS FC
logo infocus

Sabtu, Juni 14, 2008

sejarah komputer

I SEJARAH KOMPUTER

Abacus (500 SM - 1500 M)
Sejarah komputer dimulai dengan ditemukannya Abacus pada tahun 500 SM di Asia
Kecil dan masih digunakan sampai saat ini.
Abacus merupakan sebuah alat yang menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada
sebuah rak untuk melakukan perhitungan. Abacus banyak digunakan oleh para
pedagang untuk menghitung transaksi perdagangan.
Gambar 1.1 Penemu Abacus
Gambar 1.2 Abacus
Blaise Pascal (1623 – 1662)
Seorang pemuda yang saat itu menginjak dewasa menemukan sebuah alat yang
disebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator). Ide pembuatan
alat ini adalah untuk membantu pekerjaan ayahnya dalam perhitungan pajak.


2
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda
putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan
alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas
untuk melakukan penjumlahan.
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz
(1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.
Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda
gerigi.
Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz
dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai
populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan
empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer,
mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut
dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan
kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I.
Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era
komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika
Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan
kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik
dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang
matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu.
Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai
alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk
menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin
untuk melakukan perhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin
Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan
program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba
terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang
disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) atau yang
biasa disebut Lady Ada Byron memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia
membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan
mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman
Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk
dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang
pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan
sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif
apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut
menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga
mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain
dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang)
yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi
untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang
lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus
sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk
menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut
memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan
perhitungan sensus.


Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian
diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80
variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam
waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu
tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga
dpat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan
menjualnya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada
tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah
mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and
Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu
perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk permrosesan data
hingga tahun 1960.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar
Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan
differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial
kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut
sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk
melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry
mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit
elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa
sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat
dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar salah ke

dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat
komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena
kehilangan sumber pendanaan.
KLASIFIKASI KOMPUTER
Berdasarkan Sinyal Masukan
Berdasarkan sinyal masukan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
1. Komputer Analog, menerima sinyal masukan berupa data analog.
Contoh : komputer penghitung aliran BBM dalam SPBU
2. Komputer Digital, menerima masukan digital, merupakan komputer kebanyakan
yang kita kenal.
3. Komputer hibrid, menerima masukan analog dan digital
Berdasarkan Ukuran
Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
1. Supercomputers
Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas
proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya.
Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di
Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai
Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.
Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam
keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada
tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan
penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar
superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih
menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.
Gambar 1.6 Supercomputer
Penggunaan
Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan
cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi
fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan
senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah
satu pengguna utama superkomputer.
Desain
Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan
menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak
tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya
menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu, biasanya penghitungan angka, dan
dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya. Hirarki memorinya didesain secara
hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap
saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di

hirarki memori dan komponennya. Sistem I/O nya juga didesain supaya bisa
mendukung bandwidth yang tinggi.
Superkomputer tercepat
25 Maret 2005 - Bluegene/L yang dibuat oleh IBM yang berada di Lawrence
Livermore National Laboratory, Amerika Serikat mempunyai 32.768 buah prosesor
mampu mencapai kecepatan komputasi 135.5 TFlops.
27 Oktober 2005 - Bluegene/L telah mencapai kecepatan komputasi 280.6 TFlops.
Per November 2005, 61% dari 500 superkomputer tercepat berada di Amerika
Serikat disusul oleh Britania Raya (8,2%), Jerman (4,8%), Jepang (4,2%), Republik
Rakyat Tiongkok (3,4%), Australia (2,2%), Israel (1,8%), Prancis (1,6%), Korea
Selatan (1,4%), Italia (1,2%) dan Kanada (1,2%).
43,8% dari 500 superkomputer tercepat tersebut dibuat oleh IBM diikuti oleh
Hewlett-Packard (33,8%), Cray (3,6%), SGI (3,6%), Dell (3,4%), Linux Network
(3,2%), NEC (1,2%), Atipa Technology (1%), buatan sendiri (1%) dan Hitachi
(1%).
Raksasa prosesor dunia Intel masih memimpin dengan prosesor Intel IA-32 yang
dipakai 41,2% dari 500 superkomputer tercepat tersebut diikuti oleh Intel EM64T
(16,2%), Power (14,6%), AMD x86-64 (11%), Intel IA-64 (9,2%), PA-RISC (3,4%)
dan Cray (1,6%).
Sebanyak 72,2% dari 500 superkomputer tersebut menggunakan sistem operasi
Linux, selebihnya menggunakan AIX (8,8%), HP-UNIX (6,2%), CNK/Linux (3,6%),
UNICOS (2,8%), MacOS X (1%) dan SuSE Linux 9 (1%).
2. MainFrames
Gambar 1.7 Mainframe
3. Personal Computers
Gambar 1.8 Personal Computer
4. Notebook Computers
Laptop (dikenal juga dengan istilah notebook/powerbook) adalah komputer
portabel (kecil dan dapat dibawa ke mana-mana dengan mudah) yang terintegrasi
pada sebuah casing. Beratnya berkisar dari 1 hingga 3 kilogram tergantung dari
ukuran, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor
yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu
sendiri. Baterai Laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam
bergantung pada cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.
Sebagai komputer pribadi, Laptop memiliki fungsi yang sama dengan Komputer
Desktop meskipun dengan kemampuan yang lebih rendah. Komponen yang
terdapat didalamnya adalah sama dengan yang terdapat pada Komputer Desktop

dengan ukuran yang diperkecil, lebih ringan, tidak panas dan irit listrik. Laptop
kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci
hingga 17 inci bergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, keyboard yang
terdapat pada Laptop juga dilengkapi dengan Touchpad atau dikenal juga sebagai
Trackpad yang berfungsi sebagai penggerak kursor mouse. Keyboard dan Mouse
tambahan dapat dipasang melalui soket USB.
Gambar 1.9 Notebook
5. Personal Digital Assistant
Gambar 1.10 PDA
Berdasarkan Tujuan Pembuatan
Berdasarkan tujuan pembuatan, komputer dapat diklasifikasikan menjadi
1. General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan
umum. Contoh : PC, Notebook, dll
2. Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan
khusus.
Contoh : komputer khusus untuk meramal cuaca.
Berdasarkan Generasi
Berdasarkan generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
1. Generasi Pertama - 1944-1958
– Punch cards, magnetic tapes, vacuum tubes
2. Generasi Kedua - 1959-1963
– Solid state transistors replace vacuum tubes

3. Generasi Ketiga - 1964-1970
– Integrated Circuits
4. Generasi Keempat - 1971-Now
– LSI and VLSI circuits w/ 100’s of millions of transistors.
Komputer Generasi Pertama
 Mauchly and Eckert: ENIAC (1943-1946)
– Electronic Numerical Integrator and Computer
– Menempati 15,000 sq. ft. building
– 30 tons
– lebih merupakan mesin desimal dibanding sebagai mesin biner
– Memorinya terdiri dari 20 “akumulator”

Von Neumann (1945)
 stored-program concept
– Stored-program concept merupakan sebuah konsep yang memungkinkan
sebuah proses pemrograman direpresentasikan dalam bentuk yang cocok untuk
penyimpanan didalam memori untuk semua data. Setelah itu, komputer dapat
mengambil instruksi-instruksinya dengan membacanya dari memori, dan
sebuah program dapat disetel atau diubah dengan penyetelan nilai-nilai bagian
memori.

The Von Neumann Model

Generasi II
 Menggantikan penggunaan vaccum tubes dengan solid state devices yang
terbuat dari silicon dan lebih dikenal dengan transistors. Transistor ditemukan
di Bell Labs pada tahun 1947 dan pada 1950 telah meluncurkan revolusi
elektronik.
Kelebihan
Kapasitas yang dipunyai semakin besar;
Makin lebih luas penggunaannya;
Fasilitas programnya makin lengkap;
Digunakannya multiprogramming dan multiprocessing;
Real-time processing;
Secara fisik lebih kecil;
Digunakannya random access devices seperti disk storage dan drum;
Adanya fasilitas data communication equipment, dimana data dari suatu lokasi
dapat langsung diolah oleh komputer yang berada di lokasi lain;
Digunakannya MICR (magnetic ink character reader) yaitu penggunaan tulisantulisan
tangan dengan tinta khusus yang dapat dibaca langsung oleh komputer.
Generasi III
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor
menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian
internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby,
seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :
integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik
dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan
kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu
chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil
karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer
generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
Memory Input/Output
System
Central Processing
Unit
BUS
9
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
Generasi IV
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan
komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration
(VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Gambar 1.13

TUGAS SISTEM OPERASI TERSEBAR

Internetwork

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Internetwork adalah sebuah istilah yang merujuk kepada penghubungan dua buah segmen jaringan atau lebih dengan menggunakan sebuah router, sehingga terbuatlah satu buah jaringan yang lebih besar. Paket-paket yang datang dari salah satu jaringan yang tergabung dengan internetwork akan diteruskan ke jaringan tujuannya oleh router, dengan menggunakan proses routing. Teknik ini juga merupakan teknik yang sama yang digunakan untuk menghubungkan antar jaringan di dalam jaringan Internet.

internetworking
Advanced Peer to peer Internetworking
Sebuah arsitektur IP standar terbuka untuk jaringan peer to peer SNA.
Internet Society
Badan ini berdiri pada tahun 1992, yang bertanggung jawab dalam teknologi internetworking dan aplika...
Active platform
Satu set teknologi pengembangan client dan server yang terintegrasi yang dikembangkan oleh Microsoft...